BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN

Salah satu tugas guru adalah melaksanakan proses pembelajaran, artinya setelah seorang guru merencanakan pelaksanaan pembelajaran, guru tersebut akan melaksanakan pembelajaran yang telah direncanakannya.
Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan baik diruang kelas maupun diluar ruang kelas, akan terjadi interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan sumber belajar, maupun guru dengan sumber belajar. interaksi ini perlu karena proses pembelajaran saat ini menuntut siswa berperan aktif dalam proses pembelajarannya, guru sebagai fasilitator, akan memfasilitasi apabila ada siswa yang mengalami kesulitan dalam proses menuju tujuan pembelajaran.
tetapi apa yang terjadi dalam proses pembelajaran selama ini, kenyataan masih ada rekan guru yang dalam melaksanakan proses pembelajaran masih “teacher center”. Ia beranggapan bahwa tugas guru adalah mengajar. Ia tidak mau proses pengajarannya dilihat oleh orang lain atau enggan untuk melihat pembelajaran orang lain.
Padahal apabila seorang guru mau belajar dalam pembelajarannya, niscaya akan muncul siswa-siswa yang lebih kreatif, kritis, aktif, berani, dan siap menghadapi suatu kegagalan. guru akan melihat siswa sebagai subyek bukan sebagai obyek. guru akan berkolaborasi dengan sesama guru untuk meningkatkan keterampilan dalam melakasanakan pembelajarannya. SEMOGA.

Pos ini dipublikasikan di belajar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s